Home » , » Efek Dari Seringnya Foto Selfie

Efek Dari Seringnya Foto Selfie

Memotret diri sendiri dan mengunggahnya ke jejaring sosial saat ini menjadi bagian dari gaya hidup. Atau dalam bahasa kerenya Foto Selfie. Bahkan, istilah Selfie sekarang sudah masuk dalam kamus dan ditempatkan sebagai Oxford English Dictionary's 2013 Word of The Year.

Dengan adanya Smartphone yang canggih, banyak hal yang bisa dilakukan sendiri. Seperti berkenalan dengan banyak orang, bahkan anda bisa mendapatkan jodoh anda dari sosial media. Bukan hanya satu atau dua, tiga yang mengalami hal tersebut. Tapi mungkin sudah ratusan orang yang mendapatkan jodohnya dari sosial media, baik itu sosmed Facebook, Twitter, ataupun yang lainya.

Keunggulan dari Smartphone memang memang memiliki banyak fitur, seperti aplikasi chatting yang dapat menghemat pulsa kita. Selain itu, fitur utama dari dari Smartphone adalah memiliki kamera yang mumpuni yang dapat membuat banyak hasrat narsis jadi mengebu-gebu.

Perilaku narsis di media sosial ini pun sudah mendunia. Tak hanya masyarakat biasa, kalangan elite seperti presiden, pejabat, dan selebriti pun sudah terjangkit perilaku ini. Survei dari Pew Internet & American Life Project menyatakan, 54 persen pengguna internet punya kebiasaan mengunggah potret dirinya ke dalam Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lainnya. tribun

Menurut psikolog dan direktur Media Psychology Research Center, Dr Pamela Rutledge, keinginan memotret, mem-posting, dan mendapatkan "likes" dari situs jejaring sosial merupakan hal yang wajar pada setiap orang.

Tetapi tahukah Anda bahwa ternyata terlalu sering foto narsis diri sendiri ini memiliki efek bahaya bagi sebuah hubungan? 

Efek Dari Seringnya Foto Selfie

Seperti yang satu ini : Ditinggal Pacar, Bunuh Diri

Cewek bernama Jojo Tsai (20) yang hidup di Shanghai bunuh diri dengan melompat dari gedung apartemen tempat tinggalnya. Patah hati setelah dua minggu putus dari pacar jadi alasannya melakukan tindakan ini. Yang bikin ngeri, Jojo memotret dirinya sendiri atau selfie di detik-detik sebelum dia melompat dari gedung dan mem-posting foto-foto tersebut di akun Instagram.

Jojo mem-posting foto dirinya duduk di pinggir apartemen beberapa saat sebelum dia memutuskan melompat. Di akun Instagram juga ada beberapa foto yang diambil di hari yang sama, seperti foto Jojo yang membakar barang-barang dari mantannya sampai ketika dia berdandan. Lewat sejumlah foto, cewek cantik ini berusaha meninggalkan sejumlah pesan untuk mantan pacarnya.

Jojo menuliskan bagaimana dia berusaha mengatasi patah hati, dengan bersenang-senang dan pergi dengan beberapa cowok tapi selalu gagal. “ All of this I cannot forget, can never forget, unless I die ”tulisnya.

Sedangkan Efek Dari Seringnya Foto Selfie diantaranya :

  • Orang akan menjadi lebih percaya diri karena merasa cantik
  • Orang akan menjadi lebih bisa menerima atau bersyukur atas kondisi dirinya
  • Orang akan semakin tidak peduli pada orang lain. 
  • Orang jadi berpikir hanya dirinya yang paling cantik
Beberapa ahli menyatakan, mem-posting foto di jejaring sosial, termasuk foto selfie, bisa memengaruhi karakter dan tingkah laku orang dewasa. Misalnya untuk narsis, yang ditemukan pada beberapa selfie, obyek dalam keadaan bersenang-senang. Meski begitu, peneliti menganggap selfie bisa menimbulkan kesan kesendirian yang amat dalam pada obyek foto.

Foto Selfie sekarang bukan hal yang tabu, Efek Dari Seringnya Foto Selfie adalah sisi lain dari suatu gaya hidup manusia modern. nsw

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts