Home » » Info Kesehatan : Jus Jeruk Bermanfaat Sepuluh Kali Lebih Daripada Yang Diperkirakan.

Info Kesehatan : Jus Jeruk Bermanfaat Sepuluh Kali Lebih Daripada Yang Diperkirakan.

Jeruk merupakan buah yang memiliki banyak manfaat dan memiliki kadar gizi yang cukup  tinggi, seperti yang kita tahu. Baru-baru ini sebuah peneliti dari University of Granada, mengembangkan teknik baru untuk mengukur aktivitas antioksidan yang menghasilkan nilai-nilai yang sepuluh kali lebih tinggi daripada yang ditunjukkan oleh metode analisis saat ini.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Granada menyarankan bahwa tabel pada kapasitas antioksidan produk makanan yang ahli diet dan otoritas kesehatan penggunaan harus direvisi.

Jose Angel RufIan Henares, profesor di University of Granada, menjelaskan kepada sinc bahwa aktivitas antioksidan fraksi padat (serat) tidak diukur, karena diasumsikan bahwa itu tidak menguntungkan. Namun, fraksi tidak larut ini tiba di usus besar dan mikrobiota usus juga bisa fermentasi dan ekstrak zat antioksidan lebih, yang mereka bisa menilai dengan metodologi baru mereka.

Tim Henares telah mengembangkan teknik yang disebut " Global Antioxidant Response " (GAR), yang mencakup simulasi in vitro dari pencernaan pencernaan yang terjadi dalam tubuh kita, sementara mempertimbangkan kapasitas antioksidan dari fraksi padat.

 Jus Jeruk Bermanfaat

Henares menambahkan bahwa aktivitas antioksidan, sepuluh kali lebih tinggi dari yang semua orang berpikir sampai sekarang, tidak hanya pada di jus, tetapi juga di dalam jenis makanan lain yang dianalisis dengan metodologi ini dan teknik ini dan hasil.

Pengertian dan definisi Antioksidan. Antioksidan adalah senyawa atau zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah atau memperlambat  reaksi oksidasi meskipun dalam kosentrasi yang kecil. Senyawa antioksidan dapat di temui dalam berbagai jenis bahan pangan dan dari hasil sintetis reaksi kimia. Anti oksidan banyak di gunakan dalam dunia kesehatan dan teknologi makanan.

Apa peran Antioksidan dalam tubuh manusia :

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh yang secara umum dapat menghambat oksidasi lemak, dalam tubuh manusia terdapat radikal bebas, Antioksidan mampu memperlambat proses oksidasi, yaitu reaksi kimia yang berupa pengikatan oksigen dan pelepasan hidrogen. Proses  ini bisa terjadi di mana saja, termasuk di dalam tubuh kita. Semetara itu Radikal bebas dibutuhkan agar dapat membantu sel darah putih atau lekosit untuk menghancurkan atau memakan kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam dunia kesehatan, Antioksidan  sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena dapat menetralisir radikal bebas yang sangat berbahaya. Sedangkan dalam dunia teknologi pengolahan pangan, senyawa antioksidan ini memiliki peran yang penting dalam mempertahankan mutu produk dan menghambat berbagai jenis kerusakan seperti  perubahan warna dan aroma, perubahan tekstur, perubahan nilai gizi.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts