Home » » Info Kesehatan : Penyebab dan Cara Mencegah Lecet Pada Bokong Bayi

Info Kesehatan : Penyebab dan Cara Mencegah Lecet Pada Bokong Bayi

Kebanyakan, ibu muda biasanya akan merasa panik bila sang buah hati mengalami sesuatu hal yang terlihat nmenggangu sang buah hati. Seperti halnya ketika anak sedang demam. Hal ini di karenakan ibu muda masih belum mengerti cara memahami bahasa tubuh dari sang bayi.

Janganlah terlalu panik ketika sang buah hati kerap menangis di minggu-minggu pertama kehidupannya. Menangis merupakan sarana baginya untuk berkomunikasi dengan sang ibu. Menagisnya bayi bisa diartikan sebagai olahraga sang bayi. Bayi sangatlah memerlukan susu ibu untuk enam bulan pertamanya. jadi jangan malas untuk menyusuinya.

Memiliki buah hati merupakan hal terindah dalam sebuah keluarga. Maka jadilah orang tua yang baik bayi anda dengan memahami apa yang sang bayi butuhkan. Baca juga ini : 30 Hal Penting Seputar Bayi Yang Baru Lahir.

Sedikit tambahan tips untuk ibu-ibu muda : Penyebab Lecet Pada Bokong Bayi atau  Iritasi pada kulit bayi berupa lecet-lecet di bagian pantat dan sela-sela paha bayi kita kenal dengan istilah" DIAPER RASH ". Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman pada pantat dan sela-sela paha bayi.Adapun faktor penyebab " DIAPER RASH " diantaranya sebagai berikut:

Penyebab Lecet Pada Bokong Bayi
  • Tekanan yang cukup lama di daerah pantat dan paha bayi hingga pembuluh kapiler terhimpit dan aliran darah tak banyak yang masuk ke daerah kulit tersebut.Tekanan dapat timbul biasanya karena posisi tidur bayi yang kerap tidak berubah-ubah sepanjang malam,terutama pada posisi terlentang terus menerus.
  • Gesekan yang disebabkan oleh hal sepele juga bisa menimbulkan bercak kemerahan pada paha dan pantat bayi,misalnya sprei yang kusut dan tidak bersih.
  • Kelembaban yang berlangsung cukup lama.misalya air seni atau kotoran pada popok yang tidak segera diganti.
  • Dalam kondisi kesehatan bayi yang sedang menurun,jamur dan bakteri akan mudah tumbuh di daerah pantat dan sela-sela paha bayi yang lembab.

Cara Mencegah Lecet Pada Bokong Bayi " DIAPER RASH "
  • Segeralah ibu mengganti popok bayi yang basah karena kencing atau kotoran,bersihkan juga daerah kemaluan dan dubur bayi.
  • Sehabis bayi mandi,keringkan dengan baik bagian tubuh bayi dan pastikantidak ada sisa sabun yang melekat.
  • Oleskan bedak bayi atau bedak khusus yang dapat mengurangi lecet pada pantat bayi.
  • Usahakan sesering mungkin mengganti popok.
  • Jagalah kebersihan popok bayi.Pastikan membilas popok dengan cukup banyak air sehingga tak ada sisa sabun yang tertinggal,karena sisa sabun dapat merangsang kulit bayi yang sensitif.

Demikian tips yang bisa  yang dapat saya sampaikan,semoga bisa bermanfaat terutama bagi ibu-ibu yang mempunyai anak masih bayi.

Terima kasih telah membaca artikel saya tentang Penyebab dan Cara Mencegah Lecet Pada Bokong Bayi

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts