Home » , » Info Kesehatan : Teh Hijau Dapat Mengobati AIDS (Fakta atau Berita)

Info Kesehatan : Teh Hijau Dapat Mengobati AIDS (Fakta atau Berita)

Teh hijau merupakan sebuah nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi.

Atau bisa berarti minuman yang dihasilkan dari menyeduh daun teh hijau. Teh hijau memiliki nama lain atau nama latinya " Camellia sinensis "

Teh hijau sangat populer di negara-negara asia tengah dan asia tenggara seperti halnya negara  Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Timur Tengah, Asia Tenggara. Tah hijau banyak memiliki kasiat yang bermanfaat bagi tubuh manusia bila di komsumsi secara rutin.

Kabar Gembira : Siapa sangka teh hijau ternyata memiliki khasiat  menyembuhkan  HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus-Acquired Immune Deficiency Syndrome). Rahasia besar ini terungkap berkat kerja cemerlang para peneliti di Institute of Tropical Desease (ITD) dan Universitas Airlangga (UA).

Direktur ITD Unair, Prof Nasronudin menjelaskan, temuan ini akan menjadi masa depan cerah bagi penyembuhan penyakit yang belasan tahun menjadi momok. “ Nantinya, obat herbal (dari teh hijau) itu bisa disajikan dalam bentuk kapsul,” tutur Prof Nasronudin. Tribun

Teh Hijau Dapat Mengobati AIDS

Peringatan hari AIDS di Surabaya sama sekali tidak menyinggung kerja besar para peneliti yang merintis jalan keluar dari cengkeraman virus mematikan itu. Surya berkunjung saat mereka saat sedang asyik di laboratorium ITD, di kompleks Kampus C Unair, Mulyorejo.

Ini merupakan kunjungan Surya ( Wartawan Tribunnews.com Network) kedua, setelah tiga bulan lalu melihat para peneliti mengembangkan stemcell (formula pengobatan dengan memakai sel induk) untuk puluhan jenis penyakit.

Prof Nasronudin menyebut nama Prof Dr Djoko Agus Purwanto Apt MSi dan Dr Retno Puji Astuti drg MKes, peneliti laboratorium HIV di Tropical Disease Center (TDC) sebagai penemu. Nasronudin mengaku kaget dengan temuan Prof Djoko Agus Purwanto dkk.

Ia tak menyangka kalau teh yang biasa diminumnya itu berkhasiat membasmi virus HIV/AIDS yang selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat. Apalagi, khasiat teh hijau itu bukan sekadar menurunkan kadar virus, melainkan berpotensi membasminya hingga 100 persen. 

Salah satu kandungan Teh Hijau yang sangat bernmanfaat bagi manusia adalah Polifenol teh atau sering disebut dengan katekin merupakan zat yang unik karena berbeda dengan katekin yang terdapat pada tanaman lain. Katekin dalam teh tidak bersifat menyamak dan tidak berpengaruh buruk terhadap pencernaan makanan.

Katekin teh bersifat antimikroba (bakteri dan virus), antioksidan, antiradiasi, memperkuat pembuluh darah, melancarkan sekresi air seni, dan menghambar pertumbuhan sel kanker.

Flavanol tanaman teh menunjukkan suatu kelompok senyawa yang sangat mirip komposisi kimianya dengan katekin. Flavanol pada teh meliputi quersetin, kaemmferol, dan mirisetin.

Flavanol merupakan satu di antara sekian banyak antioksidan alami yang terdapat dalam tanaman pangan dan mempunyai kemampuan mengikat logam. Aktivitas antioksidan flavanol meningkat seiring dengan bertambahnya gugus hidroksil dalam cincin A dan B. Selain itu masih banyak kandungan Teh Hijau yang belum disebutkan,

Editor : NSW

2 comments:

  1. wah gawat dong, klo AIDS bisa diobati, semakin meraja lela aja sesk bebas.
    menarik sob infonya, terima kasih

    ReplyDelete

Popular Posts