Home » » IPS : BENTUK-BENTUK MUKA BUMI

IPS : BENTUK-BENTUK MUKA BUMI

Apabila kita mengamati muka bumi dengan teliti, tentuu kita akan menjumpai berbagai bentuk muka bumi yang beragam. Bentuk bumi ada yang posisinya miring, tegak lurus,mendatar, sejajar, bahkan ada yang berbentuk lipatan.

Fenomena tersebut disebabkan karena bumi senantiasa berubah, yang disebabkan oleh tenaga oksigen ( luar bumi) maupun tenaga endogen ( dalam bumi ). Sumber tenaga tersebut secara berkelanjutan mempengaruhui proses pembentukan muka bumi sekaligus memberikan dampak seperti Gempa bumi, Patahan, dan sebagainya

Proses pembentukan muka bumi membutuhkan waktu yang sangat lama. Muka bumi menurut proses struktural dan vulkanisme dapat di golongkan menjadi tiga jenis, yaitu Patahan, Lipatan dan Vulkanisme. Penjelasan secara umum sebagai berikut :

Muka Bumi Berbentuk Patahan :
  • Batuan yang terdapat di muka bumi tidak semuanya berbentuk padat dan homogen, tetapi terdapat retakan dan rekahan yang bermacam-macam ukuranya. Kekuatan yang sangat besar akan mengakibatkan lapisan bumi tang sedemikian rupa menjadi patah. Patahan dapat d bentuk oleh gaya tekanan ataupun tarikan.
  • Apabila tekanan bekerja pada batuan yang tidak bersifat liat, maka batuan biasanya tidak akan melengkung, tetapi akan patah. Daratan yang mengalami patah biasnya berasal dari daratan yang berbentuk horizontal yang akan mengakibatkan perbedaan ketinggian yang tegak lurus. Patahan merupakan fenomena umum yang terjadi pada batuan, terutama pada batuan yang belapis-lapis atau batuan sedimen.
  • Patahan normal biasanya melalui proses lipatan monoklinal. Patahan sendiri dapat di bedakan menjadi dua bagian, yaitu patahan bentuk graben dan patahan berbentuk horst.
  1. Graben ( slenk ) merupakan bentuk patahan yang mengalami penurunan kebawah di antara dua bagian yang tinggi
  2. Horst merupakan bentuk bagian patahan yang mengalami pengangkatan di antara dua bagian yang rendah dan masing-masing dari bagian tersebut dipisahkan oleh bidang-bidang patahan.
Muka bumi berbentuk Lipatan :
  • Batuan endapan pada umumnya memiliki lapisan yang mendatar. Adanya kekuatan yang mendesak lapisasan batuan keatas, menyebabkan lapisan tersebut berkembang menjadi kubah ( dome ) atau dapat juga menjadi cekungan ( basin ) yang tidak begitu luas. Apabila tenaga endogen memiliki kekuatan yang sama besar, maka umumya akan tebentuk lipatan tegak.
  • Liparan yang umum ditemukan adalah bentuk lipatan yang terjadi akibat kekuatan yang teratur dan pararel. Lipatan mempunyai bagian punggung lipatan yang disebut dengan antiklinal dan lembah lipan biasa disebut dengan sinklinal.
Muka bumi berbentuk Vulkanisme :
  • Vulkanisme adalah proses pembentukan muka bumi yang berhubungan dengan aktivitas gunung api. Dapur magma yang ada di dalam bumi, sehingga mampu menembus lapisan bumi hingga meneluarkan material ke permukaan bumi, akan tetapi magma tidak selalu mampu keluar ke permukaan bumi. Hal ini terjadi pada batuan yang sangat kuat, sehingga magma tidak mampu menembus lapisan bumi.
  • Apabila lapisan bumi mengalami pengangkatan karena dorongan magma, hingga membentuk kubah ( done ) yang lebih tinggi dari dataran di sekelilingnya. Bentukan ini disebut juga dengan penggunungan kubah ( done mountains )
  • Hasil dari lapisan kulit bumi yang pecah dan patah disertai dengan dislokasi (perubahan posisi) dan pengangkatan, disebut penggunungan patahan ( block mountains ). Sedangkan batuan endapan yang mengalami tekanan mendatar menjadi suatu lipatan, disebut pegunugan lipatan ( folded mountains ) . Sedangkan gabungan ayau kombinasi daari beberapa peristiwa seperti pengangkatan lipatan,patahan, akan membentuk pegunungan kompleks ( complex mountains )
Jika anda sudah selesai membaca artikel " IPS : BENTUK-BENTUK MUKA BUMI "  untuk menambah ilmu pengetahuan, anda disarankan untuk membaca " Jenis-jenis Gunung Berapi "

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts