Home » , » Kelapa Sawit Sumber Energi Alternatif Terbaik Pengganti BBM

Kelapa Sawit Sumber Energi Alternatif Terbaik Pengganti BBM

Cadangan minyak mentah Indonesia saat 2012 diperkirakan tinggal 4,2 miliar barel. Dengan tingkat konsumsi tiga liter per kapita per hari, seperti yang di beritakan JPNN , Cadangan minyak diprediksi habis pada 2024.

Cadangan minyak mentah Indonesia diprediksi dapat ditingkatkan menjadi 50 miliar barel. Namun, karena lokasi cadangan minyak lebih sulit dijangkau, dibutuhkan teknologi tinggi dan investasi sangat besar untuk dapat menambang.

Selama ini kita meyakini negara kita kaya minyak, padahal tidak," ujar Wakil Direktur Reforminer Institute Komaidi Notonegoro di Jakarta, Sabtu (2/6). Cadangan minyak mentah Indonesia hanya seujung kuku cadangan minyak negara-negara kaya minyak. Misalnya, Arab Saudi memiliki cadangan minyak mentah 300 miliar barel dan Norwegia sebesar 200 miliar barel. 

Pada 2012 lalu cadangan miyak mentah indonesia hanya 4,2 miliar barel, dan tahun 2014 ini indonesia di prediksi hanya mempunyai cadangan minyak mentah sekitar 3,6 miliar barel.Maka bangsa ini harus bisa melakukan terobosan dalam di bidang energi, jika tidak dalam kurun waktu 10 tahun, Indonesia akan bergantung pada bangsa lain demi memenuhi kebutuhan BBM dalam negeri.

Kelapa Sawit Sumber Energi Alternatif Terbaik Pengganti BBM

Alternatif  BBM

Kebijakan Pemerintah untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menimbulkan harapan baru bagi industri sawit nasional. Pasalnya bahan bakar biofuel sawit dipercaya menjadi alternatif selain BBM yang berasal dari fosil.

"Di Dewan Energi Nasional (DEN) selain dibahas menuju ke sana (ke arah penggunaan biofuel), penggunaan fosil juga masih mempengaruhi penggunaan biofuel. Pengurangan Subsidi BBM tentu akan berpengaruh (positif) kepada penggunaan biofuel," ungkap Hari dalam kompetensi pers IPOC 2014 di Bandung, Kamis (27/11/2014). okezone

Apa sih Biofuel itu ?

Biofuel merupakan bahan bakar baik itu berupa padatan, cairan ataupun gas yang dihasilkan dari bahan-bahan organik. Biofuel dapat dihasilkan secara langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari tanaman atau secara tidak langsung dari limbah industri, komersial, domestik atau pertanian, seperti halnya kelapa sawit.

Berdasarkan data tahun 2013, Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia dengan total produksi mencapai 27,8 juta ton dengan total menyerap kurang lebih 5 juta tenaga kerja. Sementara itu hasil devisa dari ekspor sawit mencapai USD15,8 miliar atau sekitar Rp 175 triliun. okezone

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts