Home » » Keunggulan Dan Manfaat Air Susu Ibu ( ASI )

Keunggulan Dan Manfaat Air Susu Ibu ( ASI )

ASI merupakan minuman sekaligus makanan yang terbaik bagi bayi di dunia. Belum ada satupun pabrik susu yang sampai sekarang yang bisa menandingi baik mutu, khasiatnya dan juga hikmahnya ASI bagi bayi sepanjang sejarah umat manusia.

Oleh karena itu, fungsi utama dari payudara merupakan sebagai pabrik susu untuk anaknya yang telah Alloh ciptakan sebagai sarana untuk menghidupi sang bayi yang telah di amanahkan kepada manusia.

Adapun keunggulan Asi jika di bandingkan susu formula sebagai berikut :
  • ASI banyak menggandung zat-zat, gizi yang sangat penting bagi pertumbuhan sang bayi.
  • ASI mengandung zat anti bayi atau zat penangkal penyakit ataupun kuman-kuman yang sangat membahayakan bayi.
  • Protein pada ASI sangat mudah di erna oleh sang bayi jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu formula.
  • Clostrum ( Zat kekebalan dari penyakit ) pada ASI 2000kali lebih kuat jika di bandingkan dengan Clostrum yang terdapt pada susu sapi.Sedangkan bayi yang baru lahir sangat membutuhkan sekali zat semacam itu.
  • Kadar Laktosa dalam ASI lebih tinggi dibandingkan dengan lakotsa yang ada pada susu sapi. Zat Lakotsa sangat dibutuhkan bayi untuk menyediakan energi metabolisme otak.
  • Lakotsa merupakan zat sejenis karbohidrat yang paling sesuai dengan bayi manusia, karena di dalam alat pencernaan sang bayi terdapat enzim laktase yang mencerna laktosa tersebut dalam jumlah yang relatif tinggi daripada laktase yang terdapat pada pencernan anak sapi. Dalam hal ini pencernaan laktosa lebih efisien pada saluran bayi manusia.
Sedangkan Keunggulan dan manfaat ASI dapat dilihat dari beberapa aspek salah satunya adalah aspek ekonomis. Karena dengan menyusui bayi secara eksklusif, ibu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk makanan bayi sampai bayi berumur 4 bulan. Dengan demikian akan menghemat pengeluaran rumah tangga untuk membeli susu formula dan peralatannya.

Tapi jika anda mengalami kendala untuk menyusui bayi anda, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak Air Susu Ibu anda ( ASI ). Jika Asi ibu sedikit keluar, maka seorang ibu harus melakukan beberapa hal di bawah ini.

Usaha Untuk Memperbanyak ASI
  • Memperhatikan atau meningkatkan mutu gizi makan. 
Makan sang ibu harus memenuhi kalori, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan. Minum air mineral lebih banyak dari pada biasanya.
  • Perbanyak Istirahat. 
Sebaiknya ibu jangan terlalu sibuk dengan urusan rumah tangga, urusan luar rumah, dan lain  sebagainya. Makin banyak ibu istirahat akan memperbanyak ASI yang dihasilkan.
  • Ketenangan jiwa dan pikiran.
Para ibu yang senantiasa dalam keadaan gelisah, sedih biasanya menurunkan volume ASI yang di 
hasilkan. Karena faktor kejiwaan sangat mempengaruhi proses pembuatan ASI.
  • Multivitamin.
Hanya dalam keadaan terpaksa dianjurkan minum vitamin. Maksudnya adalah untuk mendapatkan tambahan vitamin yang seharusnya di dapat dari makan ibu sehari-hari.
  • Perawatan Payudara.
Perawatan payudara selain untuk menjaga agar tidak terkena infeksi oleh kuman dan menjaga bentuk payudara yang baik juga memberikan rangsangan pada kelenjar pembuat air susu ibu. Perawatan payudara sebaiknya di lakukan pada waktu hamil dan selama menyusui.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts