Home » » Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Gelombang atau Getaran Gempa

Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Gelombang atau Getaran Gempa

Jika pada artikel kemarin saya menulis Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Kedalaman Hiposentrum, Kali ini saya ingin menulis artikel yang saya janjikan kemarin yaitu Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Gelombang atau Getaran Gempa.

Gempa Bumi memang kerap terjadi di tanah indonesia, karena kepulauan Indonesia terletak pada pertemuan 3 lempeng utama dunia yaitu Lempeng Australia, Eurasia, dan Pasifik. Lempeng Eurasia dan Australia bertumbukan di lepas pantai barat Pulau Sumatera, lepas pantai selatan pulau Jawa, lepas pantai Selatan kepulauan Nusa tenggara, dan berbelok ke arah utara ke perairan Maluku sebelah selatan. Komunitas Baca Indonesia

Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Gelombang atau Getaran Gempa di bagi menjadi tiga jenis gelombang, yaitu gempa akibat gelombang primer, gempa akibat gelombang sekunder, gempa bumi akibat gelombang panjang. Mari kita jabarkan dari apa yang dimaksud jenis gemba di atas.

Klasifikasi Gempa Bumi Menurut Gelombang atau Getaran Gempa :
  • Gempa Akibat Gelombang Primer:

Gelombang primer atau gelombang longituginal adalah gelombang atau getaran yang merambat ditubuh bumi dengan kecepatan antara 7-14 km/detik. Getaran ini disebabkan oleh Hiposenterum
  • Gempa Akibat Gelombang Skunder

Gelombang skunder atau juga gelombang transversal adalah gelombang atau getaran yang merambat, ama seperti gelombang primer yaitu melalui tubuh bumi dengan kecepatan rambatnya 4-7 km/detik. Getaran atau rambatan ini disebabkan oleh hiposentrum, namun gelombang skunder tidak dapat merambar melalui lapisan cair.
  • Gempa Akibat Gelombang Panjang.

Gelombang panjang adalah gelombang yang merambat melalui permukaan bumi yang mempunyai kecepatan 3-4 km/detik.

Selanjutnya Klasifikasi Gemba Bumi Menurut Faktor Penyebabnya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts