Home » » Mengenal Hutan Amazon Tanpa Ke Amazon

Mengenal Hutan Amazon Tanpa Ke Amazon

Hutan Amazon merupakan hutan yang melintasi sembilan negara yakni Bolivia, Brasil, Ekuador .Guyana, Gunaya Parancis, Kolombia, Peru, Suriname dan Peru. Hutan Hujan Amazon biasa dikenal dengan Amazon.
Cekungan Amazonia-nya meliputi tujuh juta kilometer persegi, meskipun luas hutan Amazon tersebut hanya sekitar 5,5 juta kilometer persegi. Hutan Amazon juga memiliki sungai yang volume airnya terbesar di jagat raya yang biasa di kenal dengan sungai Amazona atau dalam bahasa Spanyol-nya " Rio Amazonas "

Di era yang moderen ini hutan Amazone masih memiliki banyak misteri, sepetri halnya terdapat berbagai suku yang masih terasing atau belum mengenal dunia luar. Pemerintah Brazil telah mengkonfirmasi keberadaan sebuah suku yang tak pernah terjamah kehidupan modern, yang selama ini mendiami wilayah barat daya hutan Amazon.

Seperti dikutip dari kantor berita AP, tempat hunian mereka telah berhasil diidentifikasi oleh satelit, namun populasi suku tersebut hanya bisa diverifikasi lewat sebuah ekspedisi menggunakan pesawat terbang.

hutan amazon
ss : klik77com
Yayasan yang mengurusi suku-suku asli Brazil, Funai, sengaja melakukan ekspedisi menggunakan pesawat terbang agar tidak mengganggu kelompok suku terisolasi ini. Brazil memang memiliki kebijakan untuk tidak mengadakan kontak langsung dengan suku-suku semacam ini, untuk melestarikan otonomi mereka di daerahnya.

Suku yang baru ditemukan ini, diperkirakan memiliki sekitar 200 anggota suku. Mereka tinggal di lima rumah jerami besar, di Hutan Reservasi Vale do Javari, hutan Amazon, dekat daerah perbatasan dengan Peru. Mereka diperkirakan berasal dari kelompok berbahasa pano, yang menyebar dari hutan Amazon kepedalaman hutan Peru dan Bolivia.

Sisi lain yang menarik dari hutan Amazon adalah Hutan hujan Amazon memiliki iklim panas dan lembab, dengan suhu rata-rata sekitar 27 derajat Celsius sepanjang tahun.Sungai Amazon, yang menjadi nadi kehidupan Amazon membentang sekitar 4.007 mil dari hulu hingga ke hilirnya di Samudera Atlantik.

Sungai Amazon memiliki 1.100 anak sungai, dengan 17 diantaranya memiliki panjang lebih dari 900 mil.Sebagai salah satu sungai terbesar di dunia setelah sungai nil, Amazon memiliki debit air sekitar 3,4 juta galon setiap menit.

Belum lagi jenis hewan dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Sungguh sangat mengagumkan ciptaan Yang Maha Kuasa. Patutnya kita sebagai manusia harus menjaganya. Sekian dulu mas dan mba bro, panteng'n terus "LAGYBLAJAR" biar ga ketinggalan update nya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts