Home » » Mitos Yang Ada Di Pulau Jawa

Mitos Yang Ada Di Pulau Jawa

Mitos Yang Ada Di Pulau Jawa : Mitos atau mite merupakan cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, yang dianggap benar-benar terjadi oleh para penganutnya.

Pada umumnya mitos menceritakan kisah yang terjadi seputar alam semesta secara turun temurun. Biasanya mitos di percaya karena masih dalam ruang lingkup sebuah kebudayaan suatu kelompok.

Seperti halnya mitos yang banyak beredar dipulau jawa yaitu pulai dimana saya tinggal. Pulau jawa di kenal memiliki banyak gunung berapi yang aktif seperti Gunung Merapi, Gunung Kelud, Gunung Selamet. Dan kali ini saya ingin mengangkat sebuah mitos yang ada di daerah saya, yaitu Jawa Tengah.

Pada bulan-bulan kemarin apakah anda pernah mendengar bahwa Gunung Selamet sedang aktif dan bahkan sudah mengeluarkan larva pijarnya. Gunung yang berada di lima kabupaten di Jawa Tengah yakni Brebes, Banyumas, Purbalingga, Pemalang dan Tegal ini dalam beberapa pekan memang mengalami peningkatan aktivitas.
Mitos Yang Ada Di Pulau Jawa
Gambar di ambil dari Google Maps
Menurut pantauan visual, lontaran vulkanis tertinggi di Slamet saat itu sudah mencapai lebih dari dua kilometer dengan puluhan semburan dan lontaran batu pijar. Sebagai gunung yang berada di Jawa dan sangat dekat dengan kebudayaan warga, tentu saja gunung Slamet tak lepas dari mitos-mitos yang ada.

Salah satu mitosnya yaitu dimana saat sang gunung Selamet mulai mengalami penigkatan yang signifikan, maka warga yang ada di sekitar lereng gunung selamet akan mengadakan ritual bersama. Ritual ini sedikit berbeda seperti ritual pada lazimnya.

Mereka melakukan ritualnya hanya dengan memasang buah pepaya ( Jangan Gandul dalam bahasa Jawa Koek ) dan telur dadar ( Ndog Ceplok ) untuk di makan bersama. Mereka beranggapan bahwa sang penunggu dari gunung Selamet sedang murka, kata seseorang tetanga saya saat ditanya oleh admin. Mereka berharap, dengan melakukan hal tersebut maka gunung Selamet tidak jadi meletus. 

Mitos lain mengenai masa depan pulau Jawa, jika gunung selamet meletus dengan hebat. Banyak warga yang berada di kaki gunung Slamet percaya, jika gunung tertinggi kedua di pulau Jawa itu meletus, maka pulau jawa akan terbelah dua.

Ki Jayabaya yang menyebutkan jika suatu saat nanti pulau Jawa bakal terbelah dua. Tapi bagaimana pun, kita sebagai mahluk tuhan, harus senantiasa berserah diri kepadaNYA. Tapi kita juga harus saling mengahargai kepercayaan satu dengan yang lainya.

Sebenarnya masih banyak mitos-mitos yang masih berkembang disekitar kita, seperti halnya mitos bagi gadis perawan jawa, tidak boleh berdiri di depan pintu. Karena bisa mengakibatkan susah mendapat jodoh. heheh,. jodohkan di tangan Tuhan.

" Jika anda mempunyai pengalaman dengan hal-hal yang menarik, silahkan anda tuangkan dalam betuk tulisan. Lalu kirim ke Blog ini, dengan menghubungi email saya "

Oke, sekian dulu artikel tentang  " Mitos Yang Ada Di Pulau Jawa " Semoga bisa menambah pengetahuan kita. Lalu bagaimana dengan mitos yang ada di daerah kamu, coba share lewat kolom komentar yang saya sudah sediakan. Atau kamu bisa menghubungi saya lewat email yang sudah ada di About Me. 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts