Home » » Peluang Partai Baru Sempalan Golkar Pasca-Munas

Peluang Partai Baru Sempalan Golkar Pasca-Munas

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Syamsuddin Haris, mengatakan bahwa partai pecahan Golkar bisa mempunyai peluang berpartisipasi dalam Pemilihan Umum 2019. "Peluangnya besar. Tergantung pada Agung Laksono cs berani mengambil langkah tegas atau tidak," ujarnya saat dihubungi, Senin, 1 Desember 2014.


Menurut dia, partai pecahan Golkar ini nantinya akan tergantung pada sosok Agung Laksono. "Apakah dia memiliki daya tarik atau tidak untuk menarik massa," tuturnya. Selama ini, kata Syamsuddin, partai-partai pecahan Golkar, seperti Partai NasDem, Partai Hati Nurani Rakyat, dan Partai Gerakan Indonesia Raya, menjadikan massa partai beringin sebagai basis elektoral mereka setiap pemilihan umum.

Syamsuddin menyebutkan Hanura, NasDem, dan Gerindra bisa eksis hingga sekarang karena memiliki daya tarik sosok, yakni Wiranto, Surya Paloh, dan Prabowo Subianto. "Sekarang, bagaimana Agung memainkan peran itu bila memang ingin membuat partai baru," ujarnya.

Partai-partai pecahan Golkar dalam Pemilihan Umum 2014 terbukti hampir mengungguli suara Golkar sendiri. Mereka adalah Gerindra yang meraih 11,81 persen suara, NasDem (6,72 persen suara), dan Hanura (5,26 persen suara). Golkar sendiri pada pemilu lalu hanya mampu mencapai 14,75 persen suara.

Sumber : TEMPO.CO, Jakarta

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts