Home » » Pembebasan Pembunuh Munir Digugat

Pembebasan Pembunuh Munir Digugat

Pembebasan bersyarat untuk Pollycarpus Budihari Priyanto, terpidana kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir, memantik reaksi keras. Komite Aksi Solidaritas Untuk Munir (KASUM) bahkan berencana menggugat pemberian bebas bersyarat.

"Kami mengecam keras sikap Presiden Joko Widodo yang mengamini pembebasan bersyarat pelaku pembunuhan Munir," kata Ketua Komite KASUM Hendardi kepada Okezone, di kantor Imparsial, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (1/12/2014).

Menurut dia, KASUM akan mengambil langkah hukum dengan menggugat keputusan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang telah memberikan pembebasan bersyarat.

"Kemenkumham sepertinya tidak memahami kasus pembunuhan Munir secara keseluruhan," ujarnya.

Dia menambahkan, alih-alih menangkap otak di balik pembunuhan Munir seperti Muchdi PR dan Hendropriyono, pemerintah justru membebaskan eksekutor pembunuh Munir.

Pembebasan Pembunuh Munir Digugat
Pembebasan Pembunuh Munir Digugat
"Ada otoritas dari menteri untuk mengevaluasi kembali PB Pollycarpus yang mencederai rasa keadilan masyarakat," tambahnya.

Direktur Imparsial, Al Araf, menambahkan pemberian pembebasan bersyarat Pollycarpus terdapat skandal hukum dan skandal politik. "Skandal itu sudah berlangsung sejak pemerintahan yang sebelumnya dengan pemberian remisi yang banyak, dan kemarin itu klimaks dari skandal ini semua," tegasnya.

Dia melanjutkan bahwa ada dugaan motif kekuasaan dari pemberian bebas bersyarat untuk mantan pilot Garuda ini. "Kita tahu, pembunuhan Munir dilakukan saat Megawati menjadi Presiden dan sekarang pembebasan bersyarat bagi pelakunya diberikan saat Jokowi Presiden," pungkasnya.

Sumber : okezone

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts