Home » » Serangan ‘Israel’ Sisakan Trauma pada Anak-anak Gaza

Serangan ‘Israel’ Sisakan Trauma pada Anak-anak Gaza

Menurut UNICEF, akibat serangan mematikan ‘Israel’ selama 51 hari, kini sekitar 425.000 anak di Gaza membutuhkan ahli psikososial (untuk mengobati trauma) dan perlindungan anak. 

Termasuk sekitar 3.373 anak yang cacat karena serangan, bahkan beberapa cacat permanen. Demikian pula lebih dari 1.500 anak yang menjadi yatim piatu. Hal itu berdasarkan laporan Kantor Koordinasi Kegiatan Kemanusiaan PBB (OCHA) bulan Oktober.

UNICEF juga mencatat, sekitar 538 anak Palestina dibunuh oleh militer ‘Israel’ dalam operasi Protective Edge. Dari jumlah tersebut, lebih dari 68 persen berumur di bawah 12 tahun.

Anak-anak itu butuh pertolongan untuk menangani tekanan psikososial sampai pada tingkat akut dan kerentanan terkena penyakit kejiwaan yang lain. Karena di saat yang sama, lingkungan di Gaza juga masih dipenuhi puing-puing reruntuhan.

Laporan ini termasuk kisah Shaima, anak berumur 10 tahun dari Shuja’iyyah di timur kota Gaza, yang saat ini mulai sering terlihat di rumah bersama pembimbingnya. Tempat tinggalnya kini dipenuhi puing-puing bangunan runtuh, tembok penuh lubang karena peluru, dan sisa bom yang tidak meledak. Yang tentu saja bisa meledak kapan saja di setiap sudut lingkungannya.

Anak-anak Gaza kembali bermain di pantai setelah serangan 51 hari
zionis ke Jalur Gaza. SS : Middle East Monitor
Selama serangan ‘Israel’, keluarga Shaima berlindung di apartemen kakeknya. Dalam serangan tersebut ayahnya, Adel dan adiknya yang berumur 2 tahun, Dima, terbunuh karena peluru dan granat ‘Israel’.

“Saya melihat paman saya membawa jasad adik saya dan kepalanya terputus. Saya tidak mau melihat jasad ayah saya karena lukanya yang mengerikan. Saya berlari, saya tidak bisa bernyanyi lagi. Saya memikirkan ayah dan adik saya yang sudah meninggal. Saya merasa bersalah,” ungkap Shaima.

Sumber : Middle East Monitor|Sahabat Al-Aqsha/Bag

NB : " Di sini admin hanya ingin berbag postingan milik sahabatalaqsha.com. Jika anda merasa peduli dengan anak-anak Gaza, silahkan melakukan donasi ke http://sahabatalaqsha.com/."

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts