Home » » Tanda - Tanda Sebelum Terjadinya Tsunami

Tanda - Tanda Sebelum Terjadinya Tsunami

Sepuluh tahun sudah bencana tsunami berlalu, namun masih terasa sakitnya disini. Keagungan Alloh memang tiada duanya, mematikan dan menghidupkan hanya dengan sekejap mata. Aceh, menjadi tanah serambi mekah, tapi engkau mengapa kau siram dengan air bah. Ya Alloh, ampunilah dosa kami dan keluarga kami,anak kami dan saudara-saudara kami, lidungilah kami dari malapetaka yang akan menimpa. Amin

Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan kosa kata yang satu ini yaitu Tsunami. Sudah beberapa kali mengguncang tanah nusantara dengan dahsyatnya. Tsunami memang dapat terjadi kapan saja, namun tanda-tanda tsunami masih bisa kita amati sebagai bentuk kewaspadaan diri. Ada beberapa gejala tsunami yang dapat anda pelajari atau anda amati untuk membekali diri.

Tanda - Tanda Sebelum Terjadinya Tsunami :
  • Pada umumnya tsunami diawali dengan adanya gempa yang sangat kuat.
  • Permukaan airlaut akan surut tiba-tiba. Apa bila terlihat tanda-tanda tersebut, segeralah waspada, karena hal tersebut merupakan salah satu tanda awal datangnya gelombang raksasa akan datang dan sekaligus menjadi pertanda peringatan datangnya tsunami.
  • Tsunami terdiri dari beberapa rangkaian gelombang. Pada umumnya, gelombang yang pertama bukalah gelombang yang besar dan membahayakan, namun sesaat setelah gelombang pertama, akan muncul gelombang selanjutnya yang jauh lebih besar.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menyelamatkan diri apabila tanda-tanda awal terjadinnya tsunami sudak terlihat.
  • Saat mengetahui adanya gejala tsunami, segerlah sampaikan kepda semua orang. Seger lakukan pengungsian, karena tsunami bisa terjadi dengan cepat, sehingga waktu untuk mengungsi sangat terbatas.
  • Jika saat merasakan gempa anda berada di pantai atau dekat laut, maka segerlah waspada dan berlarilah mencari tempat yang lebih tinggi (menjauhi pantai). Jika tidak ada tempat atau jauh dari tempat yang tinggi, belarilah menyelamatkan diri ke atap rumah atau bisa dengan memanjat pohon yang kuat dan tinggi.
  • Jika berada di dekat sungai yang mengalir atau dekat laut, segeralah menjauh dari tempat tersebut dan mencari tempat yang tinggi.
  • Segerlah selamatkan jiwa anda dulu, daripada harta benda anda.
  • Jangan mengiraukan kerusakan yang terjadi di sekitar anda, dan teruslah berlari menyelamatkan diri.
  • Jika terjebak dalam arus tsunami, segeralah mencari benda terapung yang terdekat dengan anda, sebagai rakit.
  • Setelah dapat menyelamatkan diri ditempat yang aman, maka saling tolong menolonglah, utamakan anak-anak, wanita hamil, orang jompo, atau orang cacat.
  • Pada intinya cara terbaik menyelamatkan diri dari tsunami adalah jangan panik.

Hidup dan matinya manusia ada yang menentukan, kita hanya bisa berusaha dan berdoa. Karena manusia dibekali akal dan pikiran. sekian post saya tentang " Tanda - Tanda Sebelum Terjadinya Tsunami " semoga bisa menjadi wawasan bagi kita semua. amin

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts