Home » » Pengertian Aliran Realisme Pada Seni Rupa

Pengertian Aliran Realisme Pada Seni Rupa

Pengertian Aliran Realisme Pada Seni Rupa - Aliran Realisme ialah aliran yang berkonsep mengemukakan kenyataan atau sesuatu yang kongkret dan bersifat Objektif. Di mana segalanya digambarkan sesuai dengan apa yang tampak, tidak kurang dan tidak lebih.

Aliran ini muncul sebagai suatu bentuk protes terhadap adanya aliran yang melebihi dari kenyataan. Aliran ini sering menampilkan figur-figur dari rakyat biasa. Beberapa tokoh  aliran relisme seni rupa antara lain Gustavo Corbert, Fransisco De Goya, Honore Daumier. Sedang kan pengertian Aliran Realisme yang ada pa wikipedia sebagai berikut.

Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.[wikipedia]

Popular Posts