Home » , » Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna  yang sangat besar, bahkan keanekaragaman hayati Indonesia termasuk dalam 3 besar di dunia setelah Brasil dan Amerika Selatan, Ini merupakan data dari departemen kehutanan dan perkebunan, pada tahun 1999 spesies tumbuhan yang ada di Indonesia mencapai 8000 spesies yang sudah terdeteksi dan Indonesia juga memiliki spesies hewan mencapai 2215 spesies, Spesies hewan terdiri dari 515 spesies hewan mamalia, 60 reptil, 1519 spesies burung, dan 121 tergolong dalam jenis kupu-kupu.

Praaksara di Indonesia, Para Arkeolog berhasil menemukan sejumlah fosil dari jenis-jenis tumbuhan Praaksara, antara lain Pohon Jeruk, pohon Salam, dan pohon Rasamala. Selain itu ada juga tumbuhan yang boleh di makan seperti jenis umbi-umbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Tumbuh-tumbuhan tersebut tumbuh di hutan liar.

Keragaman Flora Dan Fauna Di Indonesia

Fosil-fosil hewan yang di temukan di Indonesia pada umumnya merupakan hewan-hewan yang dari masa evolusi dari hewan-hewan masa sebelumnya. Kondisi hewan pada masa praaksara pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan kondisi saat ini. Hewan-hewan pada masa praaksara antara lain ada kera, kerbau liar, gajah, banteng, kancil, dan babi rusa, hewan pemakan serangga, trenggiling dan hewan pengerat. Sebagian hewan-hewan tersebut ada yang menjadi hewan-hewan buruan manusia pada jaman itu. Sehinggan sebagian hewan punah karena di tangkap oleh manusia. Sebagian hewan masih bertahan sampai sekarang oleh karena kemampuanya melepaskan diri dari ancaman bahaya di sekitarnya, serta kemampuanya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya.

Keanekaragaman flora da fauna yang kita miliki perlunya patut kita syukuri, yaitu dengan cara menjaganya dan melestarikanya, Jika tidak, maka flora dan fauna yang kita miliki pastilah akan punah. Jika itu terjadi, maka bangsa indonesia akan mengalami kerugian yang besar, karena flora dan fauna  tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing pada alam semesta ini. Maka dengan kata lain, manfaat flora dan fauna bagi manusia akan hilang begitu saja.

Perlu di ketahui, bahwa keanekaragaman flora dan fauna di Indonesi berkaitan erat dengan kondisi iklim dan kondisi fisik wilayah. suhu dan curah hujan yang besar, memungkinkan tumbuhnya jenis tumbuhan beragam. Mengapa bisa demikian, Karena tumbuhan memerlukan air dan suhu yang sesuai, semakin banak air ang tersedia , maka akan semakin banyak tumbuhan yang akan hidup di daerah tersebut.

Bukti dari pernyataan di atas dapat kamu buktikan de daerah yang memiliki curah hujan sedikit, dengan daerah yang memiliki curah hujan yang banyak, sebagai contoh antara Wilayah indonesia denga wilayang yang memiliki gurun yang luas. Maka  kamu bisa membedakan, bahwa flora dan fauna di indonesia lebih banyak jika di bandingkan dengan flora dan fauna di daerah gurun.

Persebaran Flora Di Indonesia

Flora di Indonesia ternyata dapat di bedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Kelompok Indo-Malayan meliputi kawasan Indonesia bagian barat, seperti Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali. Sedangkan kelompok Indo-Australian adalah kawasan Indonesia bagian timur yang meliputi pulau-pulau Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara. Perbandingan karakteristik  flora  yang ada antara indonesia bagian barat dan kawasan indonesia bagian timur adalah sebagai berikut.

Kawasan Indonesia bagian Barat :
  • Jenis meranti-merantian sangat banyak
  • Terdapat berbagai jenis rotan
  • Tidak terdapat hutan kayu putih
  • Jenis tumbuhan matoa ( pometia pinnata ) sedikit
  • Jenis tumbuhan sagu sedikit
  • Terdapat berbagai jenis nangka

Kawasan Indonesia bagian Timur :
  • Jenis meranti-merantian sangat sedikit
  • Tidak terdapat berbagai jenis rotan
  • Terdapat hutan kayu putih
  • Jenis tumbuhan matoa, khususnya di daerah papua
  • Jenis tumbuhan sagu banyak
  • Tidak berbagai jenis nangka


Berbagai jenis flora tersebut telah di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik sebgai furniture, bahan bagunan, bahan makanan, dan masih banyak lagi yang lainya. Tahukan kalian, bahwa sebagian  hwan di indonesia telah punah dan kita hanya dapat melihat gambar-gambarnya saja, sebagai contoh hewan-hewan yang kini telah punah antara lain Harimau Bali, Harimau Jawa, Kuau Bergaris ganda, tikus hidung panjang flores dan tikus gua flores.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts