Home » » Mengidentifikasi jenis karya seni murni Nusantara

Mengidentifikasi jenis karya seni murni Nusantara

Seni murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Berbeda dengan seni terapan, seni murni tidak untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu lain. Yang dimanfaatkan pada seni ini adalah nilai keindahannya. Menurut sejarah, 5 seni murni terbesar adalah lukisan, patung, arsitektur, musik dan puisi dengan seni seni minor termasuk drama dan tari. akhir-akhir ini, Seni Murni biasanya termasuk bentuk seni visual dan seni perform. bagaimanapun, dalam beberapa lembaga-lembaga belajar atau musium seni murni. Seni murni sering dikaitkan dengan bentuk seni visual.[wikipedia]

Seni Murni merupakan proses pembuatan seni atau karya yang tidak memperhitungkan fungsinya, tetapi lebih tepat jika disebut dengan pengungkapan jiwa sebebas-bebasnya sesuai dengan kepuasan hati para pelakunya.
karya seni murni Nusantara

Seni Murni ini sekarang di golongkan dalam beberapa aliran seni yaitu Naturalisme, Surealisme, Impresionisme, Kubisme, Realisme, Ekpresionisme,Dekoratif, Abstrak. Di Indonesia sendiri ada banyak seniman yang memiliki nama besar di antarnya : Affandi Amrih Yahya, Basuki Abdulah, Raden Saleh, Edi Sunaryo,  dan masih banyak lagi yang lainya.

Seni Rupa Murni lebih mengkhususkan diri pada proses penciptaan karya seni-nya yang di landasi oleh tujuan memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin senimanya. Seni Murni diciptakan berdasarkan kreatifitas dan ekspresinya yang sangat pribadi [ lukisan, patung, grafis, dan kramik ]

Namun dalam hal tertentu, karya seni rupa murni itu dapat pula di  perjual-belikan atau memiliki fungsi sebagai benda pajangan dalam sebuah ruangan. Seiring berkembanya jaman, karya seni rupa murni memiliki banyak perubahan, salah satunya banyaknya warna dalam suatu karya.

Popular Posts