Home » » Pengertian dan Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Aktivitasnya

Pengertian dan Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Aktivitasnya

Gunung Berapi merupakan sebuah gunung yang terbentuk akibat adanya material hasil erupsi yang menumpuk disekitar pusat erupsi atau gunung yang terbentuk dari erupsi magma. Gunung berapi hanya terdapat pada tempat tertentu, pada jalur punggungan tengah samudera, pada jalur pertemuan 2 buah lempeng kerak bumi, pada titik-titik panas dimuka bumi sebagai tempat keluarnya magma, di benua maupun di samudera atau hot spot.

Gunung berapi yang aktif di dunia berada dipertemuan lempeng tektonik dan muncul di daerah yang berada di Lautan Pasifik yang disebut cincin gunung api/ring of fire. Magma yang tersimpan didalam kantong-kantong dapur magma di dalam perut bumi dan memiliki sumber tenaga.

Sumber tenaga yang sangat kuat di dalam dapur magma terkadang menekan dan memaksa magma serta benda-benda lainya untuk keluar menjadi pegunungan vulkanik. Kebanyakan orang menyebut pegunungan vulkanik dengan nama gunung berapi. Salah satu gunug berapi yang pernah meletus adalah gunung  Krakatau.

Jenis gunung berapi  berdasarkan Aktivitasnya antara lain: 
  • Gunung berapi aktif merupakan gunung api yang masih bekerja dan mengeluarkan asap, gempa, dan letusan.
  • Gunung berapi mati merupakan gunung api yang tidak memiliki kegiatan erupsi sejak tahun 1600.
  • Gunung berapi istirahat merupakan gunung api yang meletus sewaktu-waktu, kemudian beristirahat. Contoh, Gunung Ceremai dan Gunung Kelud.
Indahnya fenomena Selat sunda yang tertata rapi dengan sederet gugusan pulau dan gunung berapi krakatau mampu menyajikan pesona daya tarik tersendiri. Gunung Krakatau seperti halnya gunung berapi lainnya, meskipun indah dan mempesona tapi tetap saja menyimpan atau memiliki prilaku yang sangat berbahaya. Magma yang tersimpan dan tertahan di dalam perut Gunung Krakatau/dapur magma memiliki tekanan atau tenaga yang sangat kuat. Dan apabila tekanan menjadi lebih besar dan tidak dapat keluar sebagai akibat tekanan sumbatan yang kuat, maka akan terjadi letusan yang sangat dashyat.
Pengertian dan Jenis Gunung Berapi Berdasarkan Aktivitasnya
Gunung Anakan Krakatau di Selat Sunda
Magma meledak keluar permukaan, bersama dengan itu,  muncul berjuta meter kubik batu bercampur bara api, abu batu, pasir, dan awan pijar lembayung. Perestiwa memilikian itu terjadi pada tahun 1883 dengan minyisakan sekelumit data bahwa guruh letusnya terdengar hingga 4.800 km dan menimbulkan gelombang laut pasang yang mampu menyapu kehidupan di pulau-pulau sekitarnya terutama pada pantai Banten dan Lampung.

Letusan Krakatau mengakibatkan banjir besar dan menelan korban jiwa yang tidak sedikit, sekitar 37.000 orang meninggal. Namun saat ini Gunung Krakatau besar hanya tinggal cerita dan berganti dengan Gunung Krakatau kecil atau yang biasanya dikenal dengan Gunung Anak Krakatau yang masih tertidur dan entahkapan ia akan terbangun.

Gunung berapai bagi kehidupan manusia tidak hanya memiliki sisi negatif yang besar, tetapi begitu juga sebaliknya, gunung berapai memiliki sisi positif yang lebih besar jika di bandingkan dengan sisi negatifnya. Sebagai contoh, pulau atau daerah yang memiliki gunung berapi aktif akan memiliki lahan yang sangat subur nan hijau. Selain itu juga, daerah yang memiliki gunung berapi akan memiliki sumber air yang sehat jika di banding kan dengan daerah yang jauh dari gunung berapi.

Memang kita akui, letusan gunung berapi amatlah dashyat dan membahayakan bagi masyarakat sekitarnya. Meski demikian, sepatutnya kita syukuri atas nikmat tuhan yang tidak terhingga. Gunung Berapi bisa menjadikan atau memberi rezki pada penduduk sekitarnya, selain sebagai pertanian, gunung berapi bisa dijadikan tempat pariwisata, penggalian pasir yang memiliki kualitas bagus, begitu juga dengan air yang dihasilkan. Hewan dan tumbuhan yang hidup disekitarnya juga beragam. Jika dipandang dari sisi negatifnya, gunung berapi menjadi menakutkan bukan ?

Itulah sedikit artikel mengenai jenis dan pengertian Gunung Berapi, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi bagi  kalian yang membutuhkan. 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts