Pengertian Aliran Realisme Pada Seni Rupa

Pengertian Aliran Realisme Pada Seni Rupa - Aliran Realisme ialah aliran yang berkonsep mengemukakan kenyataan atau sesuatu yang kongkret dan bersifat Objektif. Di mana segalanya digambarkan sesuai dengan apa yang tampak, tidak kurang dan tidak lebih.

Aliran ini muncul sebagai suatu bentuk protes terhadap adanya aliran yang melebihi dari kenyataan. Aliran ini sering menampilkan figur-figur dari rakyat biasa. Beberapa tokoh  aliran relisme seni rupa antara lain Gustavo Corbert, Fransisco De Goya, Honore Daumier. Sedang kan pengertian Aliran Realisme yang ada pa wikipedia sebagai berikut.

Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.[wikipedia]

Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Balita

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani. Penyakit ini dapat diderita baik oleh orang dewasa maupun anak-anak bahkan balita. Pada anak-anak dan balita, gejala demam berdarah bisa sedikit berbeda karena mereka memiliki tubuh yang lebih rentan. Oleh karena itu, perlu diketahui gejala demam berdarah pada anak dan balita.

Penyakit demam berdarah terjadi karena virus dengue yang disebarkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Oleh karena itu, penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang lain. Saat nyamuk aedes aegypti menyerang maka virus dengue akan mengganggu sistem pembekuan darah di dalam tubuh. Kadar trombosit akan mulai turun dan menyebabkan terjadinya pendarahan.

Tubuh anak dan balita lebih rentan dari orang dewasa sehingga penanganan demam berdarah sejak dini diperlukan. Terkadang gejala demam berdarah pada anak dan balita tidak selalu muncul, dan gejala tersebut bisa saja muncul pada hari ke-4 sampai hari seterusnya.
Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Balita
Berikut ciri-ciri demam berdarah pada anak dan balita:

  • Tubuh mengalami demam tinggi,demam ini bisa mencapai 40 derajat celcius.
  • Badan anak juga kadang menggigil disertai panas dingin.
  • Demam bisa saja turun seperti mau sembuh namun tiba-tiba kambuh lagi. Hal ini akan terus berlangsung selama hampir satu minggu.
  • Tubuh mendadak sangat lemas dan lesu sekaligus sakit di belakang mata serta nyeri. Wajah anak atau balita akan kelihatan sangat pucat disertai sakit kepala.
  • Muncul bintik-bintik merah dan ruam pada sekujur tubuh anak. Hal ini disebabkan oleh virus dengue yang menyerang sistem pembekuan darah di dalam tubuh. Pada fase yang paling parah maka hidung bisa mengalami mimisan kemudian mutah darah seperti kopi berwarna hitam. Selain itu, kulit anak juga mudah mengalami memar.
  • Gejala lain yang terkadang bisa terjadi adalah rasa mual serta berkurangnya nafsu makan. Telapak kaki juga terasa gatal dan anak juga bisa terserang penyakit batuk pilek.
Gejala demam berdarah pada anak biasanya ringan sampai sedang sedangkan untuk orang dewasa gejala tersebut bisa terjadi dari tahap sedang sampai berat. Gejala demam berdarah biasanya terjadi sekitar satu minggu. Apabila anak atau balita sudah pernah terkena sakit demam berdarah ada kemungkinan bahwa tubuh mereka menjadi lebih kebal terhadap virus tertentu.

Popular Posts