BENTUK KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL

Negara yang ingin mencapai kesejahteraan dan kemakmuran rakyat pada dasarnya tidak hanya mengutamakan kerja sama ekonomi antar negara.Tetapi perlu dilakukan kerjasama di bidang lain,seperti bidang sosial,politik,budaya,teknologi,ilmu pengetahuan,dan tenaga ahli.Kerjasama itu perlu dilakukan karena setiap negara mempunyai perbedaan di bidang-bidang tersebut.
BENTUK KERJASAMA EKONOMI INTERNASIONAL
Bendera Negara-negara di dunia
Suatu negara bisa saja dianggap istimewa  bagi negara yang lain karena perbedaan-perbedaan seperti :
• Letak geografis
• Iklim dan keadaan tanah
• Kekayaan sumber daya alam
• Tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
• Ekonomi,Sosial,Budaya
• Sistem produksi,distribusi,dan konsumsi
• Sistem politik dan masih banyak lagi.
Pertukaran produksi,tenaga ahli dan pertukaran lainnya terjadi antara suatu negara dengan Negara lainnya.
Kekurangan suatu negara dipenuhi oleh negara yang telah surplus.Kelebihan produksi suatu negara dikirim ke negara lain yang minus atau berkekurangan.Semua perbedaan itu menjadi pendorong yang kuat ke arah terbentuknya kerjasama antar Negara.

Secara garis besar,bentuk kerjasama itu dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Menurut daerah dan wilayah geografis,misalnya kerjasama antarNegara Asia,Eropa,Amerika Latin dan  kerjasama regional lainnya.
2. Menurut tujuan dan sifat usaha,banyak terbentuk organisasiseperti kerjasama antarNegara di bidang usaha dan kepentingan tertentu.Misalnya,kerjasama di bidang sumber daya alam,produksi,kesehatan,keuangan,investasi,tenagakerja,pembangunan daerah,olahraga,keamanan dan pertahanan,dan bidang usaha-usaha lainnya.
Fungsi dari  berbagai macam bentuk kerjasama internasional adalah sebagai berikut :
1. Menyebarluaskan hasil produksi suatu Negara ke negara lain.
2. Memperoleh hasil produksi yang tidak dapat diproduksi di dalam negri.
3. Terjadi semacam spesialisasi produksi, misalnya negri Belanda memproduksi keju, Prancis memproduksi Anggur dan sebagainya.
4. Terjalin persehabatan dan saling membantu di antara bangsa-bangsa di dunia.
Negara yang menghasilkan suatu produk di namakan Produsen. Sementara itu, negara yang memanfaatkan hasil produksi suatu negara dinamakan negara konsumen. Negara yang memberikan bantuan di namakan negara donor, Sedangkan Negara yang menerima bantuan dinamakan negara aksepktor.

Kerjasama antar negara yang terbesar diwujudkan dalam bentuk organisasi atau persrikatan bangsa-bangsa yaitu United Nations Organization (UNO). Organisasi PBB lahir pada tanggal 24 Oktober 1945, yaitu dengan di tandai dengan penanda tanganan Piagam PBB ( United Nations Charter ) di San Fransisco.

Hakekat kerjasama ekonomi Internasional adalah kegiatan ekonomi antara dua negara atau lebih yang saling mengadakan kerjasama dalam bidang ekonomi dengan tujuan saling menguntungkan semua pihak yang terkait.

Kerjasama antar kedua negara atau lebih, sangat besar menfaatnya untuk semua pihak yang terlibat jika mencapai kesepakatan bersama. Kerjasama yang ada dalam kegiatan ini bisa mencapai semua aspek-aspek berlaku, seperti halnya bidang ekonomi, pendidikan, keamanan pertahanan. Dengan demikian organisasi atau perkumpulan negara-negara tersebut jadi memiliki jalinan persahabatan yang lebih erat.

Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral

Manusia setiap hari sibuk bekerja untuk mencari nafkah, seperti halnya manusia pada umumnya. Adapun kegiatan yang dinamakan mencari nafkah adalah bekerja seperti  menjadi seorang pedagang, tukang bangunan, pegawai, petani dan masih banyak lagi yang lainya. Semua kesibukan itu memiliki tujuan yang utama, yaitu memperoleh benda ekonomi yang tujuannya terbatas dengan tujuan memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarganya.

Prilaku manusia yang berusaha untuk mendapatkan barang ekonomi atau homo economicus, yaitu manusia selalu berpikir atau berupaya untuk memenuhi kebutuhanya sesuai dengan ilmu ekonomi dan prinsip ekonomi.
Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral
Kegiatan ekonomi masyarakat
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhanya yang tidak terbatas guna mencapai kemakmuran. Kata Ekonomi berasal dari bahasa latin, yakni oikonomia. Oikos artinya rumah tangga dan nomos artinya aturan. Dengan demikian pengertian ekonomi dapat di artikan sebuah aturan rumah tangga.

Mempelajari ekonomi sangat penting artinya bagi manusia, karena dengan mempelajari ekonomi, manusia dapat berpikir rasional dalam menggunakan sumber daya yang jumlahnya terbatas dan dapat menyusun skala prioritas kebutuhan secara tepat. Manusia dalam usahanya untuk memperoleh alat pemuas kebutuhan dengan prinsip ekonomi hendaknya harus di dasari oleh sikap mental sebagai manusia ekonomi yang bermoral. Dengan demikian, apa artinya manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermorah ?

Manusia sebagai makhluk ekonomi yang bermoral adalah sebuah upaya manusia dalam usahanya dalam mendapatkan alat pemuas kebutuhan dengan melakukan usaha mengendalikan diri dan memjunjung tinggi nilai luhur sebagai insan beragama, menjunjung tinggi norma-norma sosial, menggunakan ilmu ekonomi secara wajar, tidak merugikan orang lain, berhemat, tidak pamer kekayaan, mengeksploitasi sumber daya alam secara efektif, serta memperhatikan kelestarian lingkungannya.

Ilmu Ekonomi pada kehidupan manusia memang sangat berperan penting, karena ekonomi merupakan sebagian kunci kesuksesan hidup manusia setelah keagamaan. Terkadang manusia menjadikan ekonomi menjadi tujuan utama dalam kehidupan manusia.  Dan pada akhirnya membuat mereka menjadi seorang yang haus akan harta, menilai seseorang dari hartanya,menilai sebuah kehidupan dengan harta, seakan-akan hidup tanpa harta itu adalah sebuah kehidupan yang gagal.

Sebuah ilmu ekonomi akan menjadi lebih sempurna jika selalu di barengi dengan ilmu agama. Karena dengan demikian, hidup akan semakin selaras,  dan akan tercipta Manusia sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral. Bagi mereka yang bisa menguasai ilmu ekonomi secara benar, maka mereka akan merasakan manfaat dari ilmu tersebut, tapi bagi mereka yang tidak dapat menterjemahkan akan arti Ilmu Ekonomi yang sesengguhnya, maka mereka akan merasa tersiksa oleh kehidupan dunia.

Sekian dari kami atas pembahasan artikel tentang Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi yang Bermoral. Semoga saja ini bisa menambah wawasan kita akan kehidupan manusia tentang ekonomi pada kehidupan sehari-hari kita. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan jika artikel ini benar, maka itu datangnya dari Alloh SWT, dan jika salah, maka itu datangnya dari kami pribadi. Maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Pada dasarnya, perpindahkan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain sudah di lakukan pada zaman dahulu atau zaman purba. Dan perpindahan dari suatu negara ke suatu negara lain atau yang di sebut migrasi, sesungguhnya tidak hanya di lakukan oleh penduduk pada zaman sekarang. Menurut Kern, seorang ahli purbakala berkewarganegaraan Inggris dan Heine Geldern asal negara Belanda, dari hasil penelitiannya menjelaskan bahwa sejak zaman batu (neolithikum) hingga pada zaman perunggu telah terjadi migrasi berskala besar yang di lakukan oleh penduduk daerah daratan Asia ke berbagai kepulauaan di sebelah selatan yang di sebut Austronesia (kepulauaan Selatan).

Wilayah Austronesia sangat luas, meliputi pulau-pulau yang membentang yang di mulai dari Madagaskar (sebelah barat) sampai kepulauan Paskah (Sebelah Timur) dan dari Formosa/Taiwan (sebelah utara) sampai Selandia Baru (Sebelah Selatan). Penduduk yang berasal dari daratan Asia terutama dari Yunan atau di sekitar lembah sungai Makong (Cina) dan lembah sungai Salwen ( India) inilah yang disebut sebagai asal mula nenek moyang bangsa Indonesia. Ketika meninggalkan daerah asalnya menuju kepulauan Indonesia, nenek moyang bangsa Indonesia menggunakan alat transpotasi berupa perahu becadik.  
Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Ilustrasi : Perahu Bercadik
Sistem belayarnya di lakukan secara berkelompok dan terdiri dari beberapa gelombang tanpa mengenal rasa takut hingga menempati beberapa pulau di Nusantara. Dengan demikian, dapat di ketahui bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sejak zaman dahulu merupakan seorang pelaut ulung dengan jiwa kelautan yang cukup tangguh. Nenek moyang bangsa Indonesia yang sudah menetap di Nusantara disebut sebagai suku bangsa Melayu Indonesia dari rumpun Bangsa Austronesia. Suku bangsa melayu yang terdapat di Indoensia dalam proses penetapannya dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu bangsa Melayu Tua ( Proto Melayu) dan bangsa Melayu Muda ( Deutro Melayu ).

1. Bangsa Melayu Tua (Proto Melayu)

Bangsa Melayu Tua adalah rumpun rumpun bangsa Austronesia yang datang pertama kali di Indonesia sekitar 2000 tahun SM. Kedatangan Bangsa Austronesia dari bangsa Yunan menuju Indonesia nenempuh atau melalui du jalur laut yaitu jalur semenanjung Malaka dan Teluk Konkin.
a. Jalur utara dan Timur yaitu melalui Teluk Tonkin menuju Taiwan (Formosa), Filipina, Sulawesi, dan Maluku dengan membawa kebudayaan kapak Lonjong. 
b. Jalur Barat dan Selatan melalui semenanjung Malaka, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan yang terakhir Nusa Tenggara, dengan membawa kebudayaan Kapak Persegi. 
Yang termasuk kebudayaan bangsa Melayu Tua (Proto Melayu) termasuk kebudayaan batu muda (neolithikum) menggunakan peralatan yang sudah diasah dengan halus. Suku bangsa Indonesia yang masih keturunan bangsa Melayu Tua adalah suku bangsa Batak, Toraja, dan Dayak.
2. Bangsa Melayu Muda (Deutro Melayu)

Bangsa Melayu Muda (Deutro Melayu ) adalah rumbpun bangsa Austronesia yang datang ke Indonesia yang datang pada gelombang kedua, terjadi pada sekitar 500 SM. Bangsa Melayu Muda datang ke Indonesia Melalui jalur barat, yakni berangkat dari Yunan, Teluk Tonkin, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaka, dan kemudian menyebrangi selat Malaka hingga sampai ke kepulauan Indonesia. Bangsa Melayu Muda (Deutro Melayu) membawa kebudayaan perunggu (kebudayaan Dongson) dan Besi serta kebudayaan batu besar. 

Contoh hasil budaya yang terbuat dari perunggu dan besi antara lain kapak corong, kapak sepatu, nekara, dan moko. Sedangkan hasil karya yang tebuat dari batu besar adalah  menhir, dolmen (meja Batu), sarkofagus (keranda Jenazah dari batu), keburan batu, dan puden berundak. Suku bangsa Indonesia yang masih keturunan bangsa melayu Muda adalah suku bangsa Jawa, Bali, Madura, dan Banjar.

Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Ekonomi

Lingkungan Ekonomi adalah faktor ekonomi yang mempengaruhi jalanya usaha atau kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik jika di dukung dengan sejumlah faktor yang mempengaruhi dan mendukungnya. Contoh faktor tersebut adalah ekonomi pemerintah, pendapatan masyarakat, sumber daya ekonomi yang tersedia dan lain sebagainya.

Lingkungan ekonomi dapat dikatakan mendukung jika pemerintah mampu membuat kebijakan ekonomi atau aturan yang memungkinkan aktivitas ekonomi berjalan dengan baik, mampu menjamin ketersediaan sumber daya yang di butuhkan, mampu mengatur persaingan usaha dan seterusnya. Jika tidak, maka lingkungan ekonomi suatu negara dikatakan tidak mendukung.

Pendapatan masyarakat juga menjadi faktor penting dalam lingkungan ekonomi. Jika secara perorangan maupun perusahaan akan membuka usaha, maka sangat penting untuk memperhatikaan pendapatan masyarakatnya. Sebagai contoh sebuah perusahaan kendaraan bermotor akan membuka sebuah pabrik mobil suatu wilayah.
Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Ekonomi
Perusahaan Mobil
Maka perusahaan tersebut harus memastikan bahwa pendapatan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut memiliki kemampuan untuk membeli atau memiliki mobil. Jika tidak, maka perusahaan tersebut akan gagal memenuhi target penjualannya.

Kegiatan usaha sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sumber daya yang ada di suatu daerah atau wilayah. Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya alamnya ataupun sumber daya manusianya. Jika sumber daya alam yang berperan sebagai bahan produksi tidak tersedia secara terus menerus, kegiataan ekonomi tersebut akan terganggu.

Manusia dalam kehidupan sehari-hari melakukan Interaksi dengan lingkungan ekonominya. Mereka melakukan aktivitas ekonominya dengan memanfaatkan sumber daya ekonomi yang tersedia. Sumber daya ekonomi adalah alat yang di gunakaan untuk memenuhi kebutuan manusia, baik itu berupa barang ataupun jasa. Sumber daya alam, tenaga kerja, modal dan kewirausahaan memrupakan sumber daya ekonomi. Sumber daya alam dapat berupa lahan, bahan tambang, hewan, tumbuhan dan sebagainya.

Tenaga kerja merupakan sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa. Sementara itu, kegiatan ekonomi tidak dapat berjalan jka di dukung oleh ketersediaan modal  dan kewirausahaan. Untuk memenuhi kebutuhanya, manusia melakukan kegiatan ekonomi berupa kegiatan jual beli atau perdagangan, kegiatan pengolahan sumber daya alam penyediaan jasa dan lain-lain.

Setiap hari manusia melakukan kegiatan untuk memperoleh pendapatan dan memperoleh barang dan jasa dari hasil pendapatanya. Aktivitas tersebut dapat berlangsung jika lingkungan ekonomi mendukung aktivitasnya. Kegiatan ekonomi memang menjadi salah satu faktor yang terpenting dalam kehidupan, baik itu kehidapan perorangan, kelompok ataupun bernegara. Karena pada era sekarang ini, semua kegiatan selalu di kaitkan keuangan ( Ekonomi ).

Popular Posts