Home » » Tips Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi

Tips Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi

Gempa Bumi Merupakan benca alam yang terjadi karena adanya pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba dan di tandai dengan patahnya batuan pada kerak bumi yang mengakibatkan timbul getaran yang dasyat. Atau juga getaran yang dirasakan di permukaan bumi yang di sebabkan oleh gelombang-gelombang seismik dari smber gempa di dalam lapisan kulit bumi.

Sedangakan menurut wikipedia " Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi) "

Pusat atau sumber terjadinya gempa bumi yang letaknya di dalam perut bumi disebut dengan Hiposentrum. Daerah di permukaan bumi ataupun di dasar laut yang merupakan tempat pusat getaran bumi merambat disebut juga dengan Episentrum.

Gempa bumi dan tsunami dapat terjadi sewaktu-waktu. Berikut ini tips atau saran yang dapat anda ikuti jika terjadi bencana gempa ataupun tsunami. 

Tips Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi :

➤ Jika anda di dalam rumah atau gedung, jangan terlalu panik, berusaha sesegera keluar dan menjauh dari dari bangunan.

➤ Jika atap mulai pada berjatuhan, segerlah berlindung di bawah meja terdekat.

➤ Jika berda diluar rumah, menjauhlah dari rumah atau bangunan dan pohon yang berpotensi roboh.
➤ Jika berada di antara keramaian dalam ruangan, jangan ikut panik dan berdesak-desakan. Carilah jalan alternatif lain yang memungkinkan.
➤ Jika di dalam grdung bertingkat tinggi, janganlah menggunakan lift.
➤ Jika berada didalam mobil atau kendaraan jangalah berhenti di jembatan. Tetap tenang dan pinggirkan kendaraan ketepi jalan.
➤ Jika berada pada daerah pantai, anda harus mewaspadai tingkat ketinggian permukaan air laut.
Itulah sedikit " Tips Menghadapi Bencana Alam Gempa Bumi " yang mungkin dapat menjadi wawasan atau pengetahuan kita dalam menghadapi becana alam khususnya gempa bumi dan tsunami. Dan kita sebagai manusia di harapkan waspada dan selalu berserah diri kepada Yang Maha Kuasa.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts