Home » , , » Fakta Gunung Agung Ini Akan Bikin Kamu Geleng Kepala

Fakta Gunung Agung Ini Akan Bikin Kamu Geleng Kepala

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau Bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia. Wikipedia

Jika anda berlibur ke Bali mungkin yang ada di benakmu adalah pantai kuta yang indah. Bali memang terkenal dengan pantainya yang indah dan menajupkan,lain dari pada itu meski tak sedikit pula tempat wisata selain pantai yang ada di Bali.

Jika Kamu seorang pendaki, Kamu juga bisa menjadikan Bali sebagai tujuan destinasimu. Karena di Bali terdapat sebuah gunung yang mempunyai tinggi 3142 mdpl dan dipercaya penduduk sekitar sebagai rumah dari para dewa, yaitu Gunung Agung.

Terdapat pula sebuah candi di badan Gunung Agung yang bernama Pura Besakih. Pura Besakih juga merupakan starting point jika Kamu ingin mendaki Gunung Agung. Ketika sudah sampai di puncak Gunung Agung, Kamu dapat melihat Pulau Bali sepenuhnya, bahkan dalam 360 derajat. Selain itu Kamu juga dapat melihat Pulau Lombok dengan Gunung Rinjaninya.

Gunung Agung sering menjadi pilihan pendaki dari dalam maupun luar negeri yang ingin menantang dirinya sendiri untuk menaklukkan gunung tertinggi di Bali ini.
 Fakta Gunung Agung

Gunung Agung

Ketinggian: 3.031 m
Letusan terakhir: 21 November 2017
Ketinggian relatif: 3.031 m
Masuk dalam daftar: Ribu
Jenis gunung: Stratovolcano
Puncak: 3.031 m (9.944 ft)

Fakta Gunung Agung

1. Gunung Agung pernah meletus besar pada 1963-1964 Letusan gunung Agung di 1963-1964, salah satu letusan gunung terbesar di abad ke-20. Letusan ini dimulai pada 18 Februari 1963 dan berhenti pada 27 Januari 1964. Letusan ini juga disebut-sebut menurunkan suhu bumi sebesar 0,4 derajat celcius.

2. Gunung Agung tidak bisa didaki sembarang waktu Seperti yang banyak diketahui, di gunung Agung terdapat pura Besakih. Pura Besakih sendiri merupakan pura tertinggi di Bali. Karenanya, saat ada upaca keagamaan gunung Agung ditutup untuk pendakian. Aturan setempat menyebutkan bahwa tidak boleh ada yang lebih tinggi dari pura Besakih.

3. Pernah terdeteksi anomali termal di gunung Agung Anomali termal dideteksi oleh MODIS sepanjang tahun 2001-2002 di zona proksimal ke puncak gunung Agung. Peringatan pertama terjadi pada 23 September 2001 dan yang terbesar terjadi pada 12 Agustus dan 5 Oktober 2002. Semua peringatan tersebut terjadi di luar kawah puncak dan diasumsikan kebakaran dibandingkan aktivitas gunung berapi.

4. Pada 1989 sempat terekam gempa tektonik di sekitar gunung Agung Pada Juli 1989, terpantau aktivitas fumarolik dan solfatorik (terbatas pada kawah) yang mengeluarkan lumut putih tipis yang secara berkala terlihat dari observatorium. Pada akhir Juli, bahkan tercatat terdapat 69 aktivitas tektonik, 3 tipe vulkanik A, dan 6 kejadian tipe B vulkanik. Selain itu, pada November tercatat juga ada aktivitas di gunung Agung. 

Terimakasih yelah membaca artikel kami " Fakta Gunung Agung Ini Akan Bikin Kamu Geleng Kepala " Semoga bisa menambah wawasan kita, terlepas dari itu kita harus bisa bijak mensikapi sebuah berita yang belum tentu kebenaranya ya guys, salam dari saya.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts