Home » » Pengertian Customer dan Consumer.

Pengertian Customer dan Consumer.

Pengertian Customer dan Consumer.
Pengertian customer adalah seseorang yang menggunakan atau menerima produk atau jasa dari individu atau organisasi. Kata customer diambil dari kata custom, yang berarti habit (kebiasaan).

Pada tulisan saya kali ini coba sedikit berbagi informasi tentang hal yang masih membingungkan antara apa yang disebut Customer (pelanggan) dengan Consumer (konsumen). Mungkin banyak orang yang masih menganggap kedua pengertian ini memiliki paham yang sama yaitu orang yang menjadi pelanggan suatu produk atau end user. Benar apakah seperti itu? Yuk kita bahas satu persatu..

Seorang customer adalah seseorang yang datang pada toko tertentu secara berkala, yang menjadikan kebiasaan kegiatan membeli barang pada suatu toko tertentu walaupun masih ada toko yang lain, orang yang didekati oleh pemilik toko dengan tujuan agar berbelanja di tokonya lagi di masa mendatang.

Pengertian Consumer adalah orang atau sekelompok orang yang merupakan pengguna akhir produk atau jasa yang dihasilkan dalam suatu sistem sosial.

Dari kedua pengetian diaatas sudah bisa menerangkan apa arti dari masing-masing hal tersebut. Pelanggan bukanlah hanya terkait dengan satu yaitu membeli produk dan layanan kita saja. Saya ambil contoh Facebook, kini pengguna Facebook sudah mencapai satu miliar namun tak ada dari kita yang membayar kepada Facebook. Tapi, faktanya adalah Facebook mendapatkan pendapatan lebih dari US$ 50 miliar dan memiliki sekitar 3000 karyawan.

Dari contoh Facebook diatas, mereka menganggap kita atau user bukanlah pelanggan mereka. Yang Facebook anggap sebagai pelanggan mereka adalah para pemasang iklan. Dan kita atau user adalah “produk” yang dijual kepada pengiklan. Walau Facebook terus memberikan fitur-fitur gratis kepada penggunanya mereka tetap berfokus pada pelanggan mereka yaitu para pengiklan. Lah wong mereka yang bayar..kita kan gratisan..hihhii..

Hal ini sangat membantu para pengiklan untuk memetakan konsumen mereka. Namun, pemetaan atau segmentasi ini yang kadang mengakibatkan terlalu bebasnya pengiklan mengetahui data pribadi konsumen itu sendiri yang kadang mengakibatkan penyalahgunaan sumber informasi tersebut.

Sekian artikel Pengertian Customer dan Consumer. Semoga bisa membantu kalian yang sedang mencari perbedaan atau pengertian Pengertian Customer dan Consumer.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts