Home » , » Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara

Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara

Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara - Asociation South East Asian Nation [ASIAN] merupakan sebuah organisasi yang dibentuk untuk menyatukan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi regional serta untuk menjaga stabilitas politik antar anggota nya. Kini asean telah menjelma menjadi salah satu wilayah di asia yang paling cepat pertumbuhan ekonominya.

Mungkin anda mengira bahwa negara indonesia merupakan salah satu negara yang kaya di asia tenggara sebab indonesia merupakan negara papan tengah di asia tenggara dalam hal ekonomi indonesia masih kalah jauh dibanding malaysia apalagi singapura yang merupakan tetangga dekat indonesia.

Suatu negara dikatakan kaya bukan dilihat dari nilai tukar mata uang lokal nya dibanding dollar amerika bukan juga negara yang memiliki sumber daya alam melimpah dikatakan kaya namun sebuah negara yang dikatakan kaya adalah seberapa besar pendapatan rata rata penduduk di suatu negara tersebut atau lebih dikenal dengan istilah pendapatan perkapita.

Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara


Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara
1. Singapore
Percapita= $55.182
Human Development Index: Sangat Tinggi
2. Brunei
Percapita: $39.355
Human Development Index: Sangat Tinggi
3. Malaysia
Percapita= $11.062
Human Development Index: Tinggi
4. Thailand
Percapita= $5.675
Human Development Index: Tinggi
5. Vietnam
Percapita= $4.000
Human Development Index: Menengah
6. Indonesia
Percapita= $3.700
Human Development Index: Menengah
7. Philipina
Percapita= $2.913
Human Development Index: Menengah
8. Laos
Percapita= $1.646
Human Development Index: Menengah
9. Myanmar
Percapita= $1.113
Human Development Index: Rendah
10. Kamboja
Percapita= $1.108
Human Development Index: Menengah
11. Timor Leste
Percapita= $1.103
Human Development Index: Menengah
Mencari jumlah pendapatan perkapita suatu negara cukup mudah yaitu jumlah Pendapatan Domestik Bruto/GDP suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara. Saat ini negara yang paling kaya di asia tenggara dengan pendapatan perkapita tertinggi adalah singapura dengan rata rata penduduk nya memiliki pendapatan $55.182 atau jika dirupiahkan dengan kurs rupiah 12.000 saja maka pendapatan rata rata penduduk singapura berjumlah sekitar 600 juta/ tahun jika dibagi 12 bulan maka penghasilan rakyat singapura sekitar 50 juta rupiah per bulan.

Dan bandingkan dengan pendapatan rakyat indonesia yang hanya 3.700 dollar atau sekitar 44 juta pertahun dibagi 12 bulan maka penghasilan rakyat indonesia rata rata hanya 3.6 juta rupiah. Nah cuma 3 jutaan lah penghasilan rata rata rakyat kita, masihkah kita menyombongkan diri sebagai bangsa yang kaya ? Uang 3 jutaan perbulan untuk suatu keluarga paling hanya cukup buat makan, nyicil motor dan biaya kuliah anak pun gak bisa.

Apa yang dibutuhkan untuk mendongkrak pendapatan perkapita indonesia ? Dan menjadikan indonesia menjadi negara yang kaya ? Yang dibutuhkan adalah pembenahan masyarakat yang masih miskin terutama masyarakat di luar jawa, seperti sumatera, kalimantan, sulawesi, dan papua.

Jumlah penduduk kita sekitar 237 juta, dan pemerintah hanya sibuk untuk pembangunan ekonomi rakyat pulau jawa saja tidak memikirkan pembangunan ekonomi di pulau luar jawa seperti sumatera, kalimantan, sulawesi, dan apalagi papua. Ekonomi suatu daerah akan meningkat jika memiliki infrastruktur yang baik dan coba lihat infrastruktur di sumatera, jalan jalan hancur, bahkan jalan antar provinsi dipenuhi lubang lubang besar tanpa aspal.

Itulah sedikit informasi tentang Urutan negara Terkaya Sampai Termiskin di Asia Tenggara, semoga informasi ini bisa membantu kamu yang sedang membutuhkan informasi ini. Owh ya , jangan lupa share artikel ini jika anda merasa ini bermanfaan. 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts